Senin, 12 April 2010

Lomba Drumband




Lomba Drumband

Di SD Islam Az Zahrah

Seragam dengan atasan warna pink bawahan biru, hijau muda dengan bawahan merah kombinasi orange, topi merah khas Palembang dengan bulu warna warni…menyemarakkan pasukan drumband TK Xaverius 1 Palembang yang pada Sabtu, 27 Maret 2010 turut serta memeriahkan ulang tahun ke 20 SD Islam Az Zahrah di kompleks Perumahan Bukit Sejahtera Polygon Palembang. Anak – anak yang sudah beberapa waktu berlatih akhirnya keluar kandang, berkompetisi dengan TK – TK lain di kota Palembang. Dalam lomba ini, pasukan TK Xaverius 1 yang boleh dikatakan “muda” di dunia drumband berhasil merebut gelar juara 3.

Proses yang unik

Kurang lebih pukul 08.30 kegiatan lomba dimulai dengan upacara pembukaan. TK Xaverius 1 mengirim empat anak untuk hadir dalam upacara didampingi oleh ibu Katharina dan Kak Ningsih, pelatih setia anak – anak. Karena baru akan tampil pada urutan ke – 6 maka anak – anak yang lain baru berangkat dari sekolah pukul 09.00 dengan naik kendaraan orang tua murid. Wow.......sampai disana?? Lumayan bingung karena ada beberapa pintu masuk sehingga saling mencari satu sama lain, tapi akhirnya bertemu dalam sebuah ruang kelas yang di pintunya sudah tertulis TK Xaverius 1. Disitulah anak – anak merapikan baju, memakai topi, snack dan beristirahat.

Pada saat pasukan TK urutan ke – 4 mulai, anak – anak dibawa ke tempat persiapan baris oleh panitia didampingi para guru. Dan pada saat urutan ke – 5 sedang bermain, anak – anak sudah benar – benar siap, sampai akhirnya dipanggil “...TK Xaverius 1...” Tepuk tangan penonton riuh terdengar. Mau tau apa yang terjadi? Duh...pelatih drumband sempat pusing karena barisan yang semula sudah disusun rapi dalam waktu cepat berubah. Maka mesti disusun ulang. Tak sampai dua menit, barisan kembali rapi.

Unjuk gelar

“ Dumb...dumb...! dumb dumb dumb dumb....! Dumb...dumb...! dumb dumb dumb dumb....! Iringan Bass drumb yang dipukul oleh Miguel Wisli (TK B) mengiringi pasukan drumband TK Xaverius 1 memasuki lapangan. Sesudah pasukan rapi menempati barisannya, Natasha Angel (TK A) sebagai mayoret menjawab pertanyaan dari dewan Juri sebagai tanda bahwa pasukannya sudah siap untuk bermain. Kemudian mayoret naik ke podium untuk memimpin pasukan. “Siap.......! Beri hormat........! Pasukan menjawab: “ X.......One” Mulailah pasukan memainkan tiga buah lagu: pertama lagu “taman kanak – kanak”, kedua lagu “twinkle – twinkle” dan ketiga lagu: “Gebyar”. Meskipun matahari sudah menunjukkan kebolehannya dengan panas yang sungguh menyengat, namun anak – anak dengan penuh semangat tetap memainkan perannya. Ada yang menari di depan, memainkan bendera, memukul belira, meniup pianika, memukul senar – tennor – bass drumb dan tentu saja sang pemimpin pasukan yakni mayoret. Dengan memainkan tiga lagu, para penari dan pembawa bendera juga memainkan tiga animasi.

Setelah kurang sepuluh menit unjuk gelar, usai sudah perjuangan pasukan drumband TK Xaverius 1 menampilkan kebolehannya. Anak – anak didampingi guru pendamping dan orang tua murid meninggalkan arena lomba dengan tetap rapi dalam barisan. Penuh keringat, wajah merah, capek tentunya tapi anak – tetap ceria apalagi tau bahwa papa – mamanya tetap setia menemani dan menyambut mereka. Tugas selesai. Berikutnya, anak –anak minum makan dan pulang ke rumah masing – masing, tidak menunggu pengumuman. Hanya beberapa anak saja yang masih menunggu. Akhirnya, juara 3 di tangan. Terimakasih Tuhan....terima kasih anak – anak, kalian sungguh membanggakan. Terima kasih ornag tua murid, terimakasih para pelatih, guru & karyawan. Semoga di masa mendatang pasukan kita dapat menjadi lebih baik dan jadi yang terbaik, demikian harapan salah satu pelatih. Proficiat. )*

Tidak ada komentar: